M
A K A L A H
ANALISIS
PERMASALAHAN SDM
(TUK
TUK CHA)
DISUSUN
OLEH :
FADJRI
RAHMADAN (1620200093)
Dosen
Pembimbing : Charisma Ayu Pramuditha, M.HRM
JURUSAN
MANAJEMEN
SEKOLAH
TINGGI ILMU EKONOMI
MULTI DATA
PALEMBANG
2018
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah
karena izin-Nya jualah sehingga penulis dapat mewujudkan semua ini. Melalui usaha
keras di tengah hambatan dan keterbatasan, penulis mencoba melakukan yang
terbaik untuk menyusun makalah ini tentang " Masalah SDM yang ada di tuk tuk cha
“ Penulis menyadari sepenuhnya bahwa dalam penulisan makalah ini masih
jauh dari kesempurnaan.
Hal ini disebabkan oleh keterbatasan kemampuan yang
dimiliki oleh penulis, baik dalam hal pengetahuan dan pengalaman.
Karena
itu, sebagai penulis saya mengharapkan dengan sangat dan dengan tangan
terbuka segala bentuk kritik dan saran yang bersifat membangun demi
kesempurnaan makalah ini selanjutnya. Penulis berharap semoga makalah ini dapat
memberikan manfaat kepada orang-orang yang membacanya, terutama kepada
penulis sendiri.
Penulis
juga mengucapkan terima kasih atas segala bantuan, petunjuk, saran dorongan dan
izin yang telah diberikan dari berbagai pihak semoga bernilai ibadah dan
mendapatkan imbalan yang berlipat ganda. Semoga Allah SWT memberikan rahmat dan
hidayah-Nya kepada kita semua. Amin Ya Robbal Alamin.
Palembang, 08 APRIL 2018
Penyusun
Fadjri
Rahmadan
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR.............................................................................................................
1
DAFATAR ISI.........................................................................................................................
1
BAB I
PENDAHULUAN.......................................................................................................
1
1.1 Latar
Belakang................................................................................................................
2
1.2 Rumusan
Masalah...........................................................................................................
2
1.3
Tujuan..............................................................................................................................
2
BAB II
PEMBAHASAN........................................................................................................
4
2.1 Sejarah thai tea .....................................................................
5
2.2 Proses perekrutan tuk tuk cha.........................................................................
5
2.3Permasalahan sdm tuk tuk cha.................................................................................................................
5
BAB III
PENUTUP.................................................................................................................
4
3.1 Kesimpulan......................................................................................................................
5
3.2
Saran................................................................................................................................
5
DAFTAR
PUSTAKA..............................................................................................................
4
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
Sumber daya manusia (SDM) adalah salah
satu faktor yang sangat penting bahkan tidak dapat dilepaskan dari sebuah
organisasi, baik institusi maupun perusahaan. SDM juga merupakan kunci yang
menentukan perkembangan perusahaan. Pada hakikatnya, SDM berupa manusia yang
dipekerjakan di sebuah organisasi sebagai penggerak, pemikir dan perencana untuk
mencapai tujuan organisasi itu.
Dewasa ini, perkembangan terbaru memandang karyawan bukan
sebagai sumber daya belaka, melainkan lebih berupa modal atau aset bagi
institusi atau organisasi. Karena itu kemudian muncullah istilah baru di luar
H.R. (Human Resources), yaitu H.C. atau Human Capital. Di sini SDM dilihat
bukan sekadar sebagai aset utama, tetapi aset yang bernilai dan dapat
dilipatgandakan, dikembangkan (bandingkan dengan portfolio investasi) dan juga
bukan sebaliknya sebagai liability (beban,cost). Di sini perspektif SDM sebagai
investasi bagi institusi atau organisasi lebih mengemuka.
Secara garis besar, pengertian Sumber Daya Manusia adalah
individu yang bekerja sebagai penggerak suatu organisasi, baik institusi maupun
perusahaan dan berfungsi sebagai aset yang harus dilatih dan dikembangkan
kemampuannya. Untuk itu perlu diketahui permasalahan apa saja yang terjadi pada
SDM agar memudahkan pengembangan kemampuan agar karyawan memenuhi job
spesifikasi dan deskripsi dari apa yang telah ditetapkan perusahaan. Maka
makalah ini ingin melihat permasalahan SDM yang terjadi di TUK TUK CHA
1.2 Rumusan Masalah
1. Bagaimana Sejarah thai tea ?
2. Bagaimana proses perekrutan SDM pada tuk tuk cha?
3. Apa saja permasalahan dari SDM pada tuk tuk cha ?
1.3 Tujuan
Mengetahui
proses rekrutmen dan permasalahan SDM yang dihadapi tuk tuk cha
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Sejarah thai tea (the Thailand)
Thailand atau sering disebut negeri gajah dalam sejarahnya
tidak pernah menjadi negara peminum teh, namun Thai Tea kini menyebar ke
berbagai negara di dunia berkat kelezatan rasanya. Jenis teh yang digunakan
daun teh hitam atau disebut "bai miang" dalam bahasa setempat. Teh
lalu ditambahkan rempah-rempah dan susu kental manis. Penyajiannya bisa dalam
kondisi panas atau dengan es. Namun dalam kreasi terbarunya, Thai Tea juga
menggunakan varian teh hijau atau disebut green tea dan juga beberapa varian
rasa lainnya. Di negeri asalnya, teh umum ditanam di daerah Thailand Utara.
Walaupun demikian, penduduk lokal tidak terbiasa minum teh. Mereka biasa
mengonsumsinya sebagai sayuran. Teh hijau yang direndam dengan air asin,
dimakan layaknya acar dengan nama "miang". Tanaman teh pertama
diimpor dari Tiongkok dan Taiwan dan ditanam pada dataran tinggi Chiang Mai
pada akhir 1980. Dua varietas teh yang dikenal sebagai No. 12 dan No. 17
ditanam secara besar-besaran. Kualitas daun yang lebih konsisten, produktivitas
tinggi, dan ketahanannya terhadap penyakit menyebabkan dua varian tersebut kemudian
menjadi komoditas andalan Negeri Gajah
2.2 Proses Perekrutan SDM di Tuk Tuk cha
Tuk tuk cha membuka open rekrutment melalui media jasa online seperti
olx , tuk tuk cha hanya mewancara para pelamar dan melihat pengalaman kerja di
tuk tuk cha terdiri dari 5 kategori pekerja yang siap di pekerjakan di mana pun
.
Ada beberapa uraian pekerjaan di tuk tuk cha :
·
Pemilik
Menentukan visi, misi, dan tujuan.
Mengangkat dan memberhentikan F&B Manager Menerima laporan dari F&B
Manager. dan Mencari dana serta Merencanakan pengembangan
·
Food and beverage manager
-Merancang konsep counter
-Menyeleksi karyawan
dan menentukan posisi yang sesuai dengan keterampilan.
-Membuat dan menjaga
standar operasional makanan dan minuman.
-Membuat standar resep
dengan perhitungan biaya yang diperlukan.
-Merancang menu
(makanan dan minuman).
-Mengatur biaya
pengeluaran.
-Mengatur biaya
pemasaran.
-Mencari dan menjalin
hubungan dengan supplier.
-Membuat laporan
bulanan (keuangan dan operasional)
·
Supervisor
-Memberikan training
dan pengetahuan.
- Menjaga standar
operasional tetap berjalan
-Memeriksa dan
melengkapi semua kelengkapan untuk operasional.
- Menjaga komunikasi
yang baik dengan crew.
-Memberikan contoh
kepada crew sesuai aturan yang berlaku.
- Menjaga komunikasi
yang baik dengan atasan.
-Menjaga kualitas
pelayanan
- Membuat jadwal
kerja crew
- Melengkapi semua
work paper: Daily sales report - Sales
History
· Waiters
-
Menawarkan makanan dan minuman kepada pengunjung
foodcourt.
-
Melayani konsumen Tuk Tuk cha.
- Menguasai pengetahuan jenis minuman yang
disediakan.
-
Menjaga kebersihan area Tuk Tuk cha dan
sekitarnya
·
Helper
-Membersihkan peralatan
makanan dan minuman.
-Menjaga kebersihan
area Tuk Tuk Thai Kitchen dan sekitarnya.
-Melayani pesanan
delivery.
-Membagikan flyer.
-Membantu tugas dan
tanggung jawab pelayan
· Cook
- Menjaga kebersihan
area kitchen.
- Menjaga kebersihan
dalam proses memasak.
- Memasak masakan
pesanan konsumen sesuai dengan standar resep masakan.
- Melaporkan
persedianan bahan makanan kepada supervisor.
Syarat :
1. wanita, single 18-26th
2. Bersih dan berpenampilan menarik
3. Jujur, rajin, fast learner dan mau bekerja sama dlm team
4. Pendidikan minimal SMA
5. Diutamakan bertempat tgl didekat mal One Belpark (fatmawati,Cilandak Jakarta Selatan)
6. Bersedia mengikuti walk interview (2-3 Desember 2017) jam 15:00-17:00 di one belpark mall lantai GF
1. wanita, single 18-26th
2. Bersih dan berpenampilan menarik
3. Jujur, rajin, fast learner dan mau bekerja sama dlm team
4. Pendidikan minimal SMA
5. Diutamakan bertempat tgl didekat mal One Belpark (fatmawati,Cilandak Jakarta Selatan)
6. Bersedia mengikuti walk interview (2-3 Desember 2017) jam 15:00-17:00 di one belpark mall lantai GF
·
Karyawan yang kurang terampil yang sering membuat minuman
berubah – ubah
·
Kurangnya komunikasi antara supervisor kepada juru masak
sehingga stock sering kehabisan
·
Kurangnya inovasi dari pemilik ataupun manager sehingga masih
kalah saing terhadap merk lain
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Sumber daya manusia (SDM) adalah salah satu faktor yang sangat penting bahkan tidak dapat dilepaskan dari sebuah organisasi, baik institusi maupun perusahaan. SDM juga merupakan kunci yang menentukan perkembangan perusahaan. Pada hakikatnya, SDM berupa manusia yang dipekerjakan di sebuah organisasi sebagai penggerak, pemikir dan perencana untuk mencapai tujuan organisasi ituOleh karena itu, pengelolaan sumber daya manusia dalam organisasi menjadi salah satu hal yang sangat penting.
3.2 Saran
Thai
tea tuk tuk cha harus membuat inovasi yang lebih kekinian atau yang mengikuti
perkembangan zaman terutama gaya anak muda agar dapat bersaing dengan para
pesaingnya dan Marilah kita tingkatkan kwalitas sumber daya manusia kita dengan semaksimal mungkin
DAFTAR PUSTAKA
Komentar
Posting Komentar