M A K A L A H
ANALISIS PERMASALAHAN SDM
(TUK TUK CHA)








DISUSUN OLEH :

FADJRI RAHMADAN (1620200093)

Dosen Pembimbing : Charisma Ayu Pramuditha, M.HRM

JURUSAN MANAJEMEN
SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI
MULTI DATA PALEMBANG
2018

KATA PENGANTAR


Puji syukur kehadirat Allah karena izin-Nya jualah sehingga penulis dapat mewujudkan semua ini. Melalui usaha keras di tengah hambatan dan keterbatasan, penulis mencoba melakukan yang terbaik untuk menyusun makalah ini tentang " Masalah SDM yang ada di tuk tuk cha “ Penulis menyadari sepenuhnya bahwa dalam penulisan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan.
Hal ini disebabkan oleh keterbatasan kemampuan yang dimiliki oleh penulis, baik dalam hal pengetahuan dan pengalaman.
Karena itu, sebagai penulis saya mengharapkan dengan sangat dan dengan tangan terbuka segala bentuk kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah ini selanjutnya. Penulis berharap semoga makalah ini dapat memberikan  manfaat kepada orang-orang yang membacanya, terutama kepada penulis sendiri.

Penulis juga mengucapkan terima kasih atas segala bantuan, petunjuk, saran dorongan dan izin yang telah diberikan dari berbagai pihak semoga bernilai ibadah dan mendapatkan imbalan yang berlipat ganda. Semoga Allah SWT memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua. Amin Ya Robbal Alamin. 

Palembang, 08 APRIL 2018
                                                                                                                               
                                                         Penyusun
Fadjri Rahmadan


DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR............................................................................................................. 1
DAFATAR ISI......................................................................................................................... 1
BAB I PENDAHULUAN....................................................................................................... 1
1.1 Latar Belakang................................................................................................................ 2
1.2 Rumusan Masalah........................................................................................................... 2
1.3 Tujuan.............................................................................................................................. 2
BAB II PEMBAHASAN........................................................................................................ 4
2.1 Sejarah thai tea ..................................................................... 5
2.2 Proses perekrutan tuk tuk cha......................................................................... 5
2.3Permasalahan sdm tuk tuk     cha................................................................................................................. 5
BAB III PENUTUP................................................................................................................. 4
3.1 Kesimpulan...................................................................................................................... 5
3.2 Saran................................................................................................................................ 5
DAFTAR PUSTAKA.............................................................................................................. 4

BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar belakang
Sumber daya manusia (SDM) adalah salah satu faktor yang sangat penting bahkan tidak dapat dilepaskan dari sebuah organisasi, baik institusi maupun perusahaan. SDM juga merupakan kunci yang menentukan perkembangan perusahaan. Pada hakikatnya, SDM berupa manusia yang dipekerjakan di sebuah organisasi sebagai penggerak, pemikir dan perencana untuk mencapai tujuan organisasi itu.
Dewasa ini, perkembangan terbaru memandang karyawan bukan sebagai sumber daya belaka, melainkan lebih berupa modal atau aset bagi institusi atau organisasi. Karena itu kemudian muncullah istilah baru di luar H.R. (Human Resources), yaitu H.C. atau Human Capital. Di sini SDM dilihat bukan sekadar sebagai aset utama, tetapi aset yang bernilai dan dapat dilipatgandakan, dikembangkan (bandingkan dengan portfolio investasi) dan juga bukan sebaliknya sebagai liability (beban,cost). Di sini perspektif SDM sebagai investasi bagi institusi atau organisasi lebih mengemuka.
Secara garis besar, pengertian Sumber Daya Manusia adalah individu yang bekerja sebagai penggerak suatu organisasi, baik institusi maupun perusahaan dan berfungsi sebagai aset yang harus dilatih dan dikembangkan kemampuannya. Untuk itu perlu diketahui permasalahan apa saja yang terjadi pada SDM agar memudahkan pengembangan kemampuan agar karyawan memenuhi job spesifikasi dan deskripsi dari apa yang telah ditetapkan perusahaan. Maka makalah ini ingin melihat permasalahan SDM yang terjadi di TUK TUK CHA
1.2  Rumusan Masalah
1. Bagaimana Sejarah thai tea ?
2. Bagaimana proses perekrutan SDM pada tuk tuk cha?
3. Apa saja permasalahan dari SDM pada tuk tuk cha ?
1.3 Tujuan
Mengetahui proses rekrutmen dan permasalahan SDM yang dihadapi tuk tuk cha


BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Sejarah thai tea (the Thailand)

Thailand atau sering disebut negeri gajah dalam sejarahnya tidak pernah menjadi negara peminum teh, namun Thai Tea kini menyebar ke berbagai negara di dunia berkat kelezatan rasanya. Jenis teh yang digunakan daun teh hitam atau disebut "bai miang" dalam bahasa setempat. Teh lalu ditambahkan rempah-rempah dan susu kental manis. Penyajiannya bisa dalam kondisi panas atau dengan es. Namun dalam kreasi terbarunya, Thai Tea juga menggunakan varian teh hijau atau disebut green tea dan juga beberapa varian rasa lainnya. Di negeri asalnya, teh umum ditanam di daerah Thailand Utara. Walaupun demikian, penduduk lokal tidak terbiasa minum teh. Mereka biasa mengonsumsinya sebagai sayuran. Teh hijau yang direndam dengan air asin, dimakan layaknya acar dengan nama "miang". Tanaman teh pertama diimpor dari Tiongkok dan Taiwan dan ditanam pada dataran tinggi Chiang Mai pada akhir 1980. Dua varietas teh yang dikenal sebagai No. 12 dan No. 17 ditanam secara besar-besaran. Kualitas daun yang lebih konsisten, produktivitas tinggi, dan ketahanannya terhadap penyakit menyebabkan dua varian tersebut kemudian menjadi komoditas andalan Negeri Gajah

2.2 Proses Perekrutan SDM di Tuk Tuk cha
Tuk tuk cha membuka open rekrutment melalui media jasa online seperti olx , tuk tuk cha hanya mewancara para pelamar dan melihat pengalaman kerja di tuk tuk cha terdiri dari 5 kategori pekerja yang siap di pekerjakan di mana pun .
Ada beberapa uraian pekerjaan di tuk tuk cha :
·        Pemilik

Menentukan visi, misi, dan tujuan. Mengangkat dan memberhentikan F&B Manager Menerima laporan dari F&B Manager. dan Mencari dana serta Merencanakan pengembangan
·                         Food and beverage manager
-Merancang konsep counter

-Menyeleksi karyawan dan menentukan posisi yang sesuai dengan keterampilan.

-Membuat dan menjaga standar operasional makanan dan minuman.

-Membuat standar resep dengan perhitungan biaya yang diperlukan.

-Merancang menu (makanan dan minuman).

-Mengatur biaya pengeluaran.

-Mengatur biaya pemasaran.

-Mencari dan menjalin hubungan dengan supplier.

-Membuat laporan bulanan (keuangan dan operasional)

·        Supervisor
-Memberikan training dan pengetahuan.
- Menjaga standar operasional tetap berjalan
-Memeriksa dan melengkapi semua kelengkapan untuk operasional.
- Menjaga komunikasi yang baik dengan crew.
-Memberikan contoh kepada crew sesuai aturan yang berlaku.
- Menjaga komunikasi yang baik dengan atasan.
-Menjaga kualitas pelayanan
- Membuat jadwal kerja crew
- Melengkapi semua work paper:  Daily sales report - Sales History
·     Waiters
-          Menawarkan makanan dan minuman kepada pengunjung foodcourt.

-          Melayani konsumen Tuk Tuk cha.

-  Menguasai pengetahuan jenis minuman yang disediakan. 

-          Menjaga kebersihan area Tuk Tuk cha dan sekitarnya

·      Helper
-Membersihkan peralatan makanan dan minuman.

-Menjaga kebersihan area Tuk Tuk Thai Kitchen dan sekitarnya.

-Melayani pesanan delivery.

-Membagikan flyer.

-Membantu tugas dan tanggung jawab pelayan

·     Cook

- Menjaga kebersihan area kitchen.

- Menjaga kebersihan dalam proses memasak.

- Memasak masakan pesanan konsumen sesuai dengan standar resep masakan.

- Melaporkan persedianan bahan makanan kepada supervisor.

Syarat :
1. wanita, single 18-26th
2. Bersih dan berpenampilan menarik
3. Jujur, rajin, fast learner dan mau bekerja sama dlm team
4. Pendidikan minimal SMA
5. Diutamakan bertempat tgl didekat mal One Belpark (fatmawati,Cilandak Jakarta Selatan)
6. Bersedia mengikuti walk interview (2-3 Desember 2017) jam 15:00-17:00 di one belpark mall lantai GF
2.3 Permasalahan SDM di tuk tuk cha
·         Karyawan yang kurang terampil yang sering membuat minuman berubah – ubah
·         Kurangnya komunikasi antara supervisor kepada juru masak sehingga stock sering kehabisan
·         Kurangnya inovasi dari pemilik ataupun manager sehingga masih kalah saing terhadap merk lain



BAB III
PENUTUP
3.1  Kesimpulan
Sumber daya manusia (SDM) adalah salah satu faktor yang sangat penting bahkan tidak dapat dilepaskan dari sebuah organisasi, baik institusi maupun perusahaan. SDM juga merupakan kunci yang menentukan perkembangan perusahaan. Pada hakikatnya, SDM berupa manusia yang dipekerjakan di sebuah organisasi sebagai penggerak, pemikir dan perencana untuk mencapai tujuan organisasi ituOleh karena itu, pengelolaan sumber daya manusia dalam organisasi menjadi salah satu hal yang sangat penting.
3.2  Saran
Thai tea tuk tuk cha harus membuat inovasi yang lebih kekinian atau yang mengikuti perkembangan zaman terutama gaya anak muda agar dapat bersaing dengan para pesaingnya dan  Marilah kita tingkatkan kwalitas sumber daya manusia kita dengan semaksimal mungkin


DAFTAR PUSTAKA

Lampiran Foto

THANK YOU FOR ATTENTION





Komentar

Postingan populer dari blog ini